Tugas Kelompok Softskill, Kelompok 3
BRI Syariah Dan Mandiri Syariah
I.
Prinsip Usability
Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna.
Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya
Human Ability, Human Capabilities, Memori, Problem Solving.
1.
Mobile Banking BRI Syariah
Mobile BRIS adalah GPRS
dan aplikasi mobile berbasis SMS untuk mengakses Anda BRISyariah IB Tabungan
kapan saja dan di mana saja. Aplikasi mobile ini membantu Anda untuk melakukan
transfer dana, isi ulang prabayar, pembayaran tagihan, dan pembayaran sumbangan
(Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf, Qurban).
mobile BRIS menggunakan pesan terenkripsi GPRS dan teknologi biner SMS untuk memastikan keamanan pengguna dan kenyamanan. Meskipun itu menggunakan SMS gateway, aplikasi ini berhasil, Anda dapat mengirim pesan terenkripsi dan verifikasi PIN tanpa menyimpan pada perangkat Anda mengirim item. Jangan khawatir kehilangan transaksi pemberitahuan pesan mobileBRIS, semua pesan Anda aman disimpan dalam kotak masuk mobileBRIS itu.
Untuk memulai, Anda harus mendaftar sms BRIS (BRIS SMS Banking) pertama di BRIS ATM atau cabang BRI Syariah.
Jika Anda adalah pengguna terdaftar non-keuangan, Anda dapat melakukan transaksi seperti:
1. Informasi saldo
2. Memeriksa riwayat transaksi
3. Kirim Bill payment
4. Ubah PIN sms BRIS atau mobileBRIS
Jika Anda adalah pengguna terdaftar keuangan, Anda dapat melakukan transaksi non-keuangan dan transaksi keuangan seperti:
1. Transfer dana rekening antar bank
2. Reload Telco dan PLN Prabayar
3. Pembayaran Telco, Telkom dan PLN
Untuk menjadi pengguna transaksi keuangan, Anda bisa silakan datang kecabang BRI Syariah dan mengaktifkan transaksi keuangan.
Setelah pastikan Anda adalah pengguna terdaftar sms BRIS, Anda dapat mendownload aplikasi mobileBRIS terbaru yang tersedia di Android Market secara gratis.
mobile BRIS menggunakan pesan terenkripsi GPRS dan teknologi biner SMS untuk memastikan keamanan pengguna dan kenyamanan. Meskipun itu menggunakan SMS gateway, aplikasi ini berhasil, Anda dapat mengirim pesan terenkripsi dan verifikasi PIN tanpa menyimpan pada perangkat Anda mengirim item. Jangan khawatir kehilangan transaksi pemberitahuan pesan mobileBRIS, semua pesan Anda aman disimpan dalam kotak masuk mobileBRIS itu.
Untuk memulai, Anda harus mendaftar sms BRIS (BRIS SMS Banking) pertama di BRIS ATM atau cabang BRI Syariah.
Jika Anda adalah pengguna terdaftar non-keuangan, Anda dapat melakukan transaksi seperti:
1. Informasi saldo
2. Memeriksa riwayat transaksi
3. Kirim Bill payment
4. Ubah PIN sms BRIS atau mobileBRIS
Jika Anda adalah pengguna terdaftar keuangan, Anda dapat melakukan transaksi non-keuangan dan transaksi keuangan seperti:
1. Transfer dana rekening antar bank
2. Reload Telco dan PLN Prabayar
3. Pembayaran Telco, Telkom dan PLN
Untuk menjadi pengguna transaksi keuangan, Anda bisa silakan datang kecabang BRI Syariah dan mengaktifkan transaksi keuangan.
Setelah pastikan Anda adalah pengguna terdaftar sms BRIS, Anda dapat mendownload aplikasi mobileBRIS terbaru yang tersedia di Android Market secara gratis.
2.
Mobile Banking Mandiri Syariah
BSM Mobile Banking
adalah salah satu saluran distribusi yang dimiliki oleh BSM untuk mengakses rekening
yang dimiliki nasabah dengan menggunakan teknologi GPRS/EDGE/3G/BIS dan WIFI
melalui smartphone.
Fitur:
• Transfer antar rekening di BSM.
• Transfer real time kerekening di bank anggota ATM Bersama dan Prima.
• Transfer uang tunai (transfer kebukan pemegang rekening).
• Pembelian pulsa seluler dan token listrik.
• Pembayaran tagihan (telepon, listrik, dll), zakat, asuransi, tiket pesawat dan lainnya.
• Informasi kantor & lokasi ATM.
• Informasi produk dan promo.
• Informasi saldo, mutasi.
• Jadwal sholat dan kalimat inspiratif.
• Menu akses langsung Call BSM 14040.
• Menu favorit (penyimpan data transaksi transfer, pembayaran dan pembelian)
• Share aktivitaske social media.
• Notifikasi detil transaksi ke email yang didaftarkan
Registrasi:
1. Proses Pendaftaran / Registrasi
a. Nasabah datang ke Cabang terdekat.
b. Mengajukan permintaan fasilitas layanan BSM Mobile Banking dan mengisi data pada aplikasi BSM Mobile Banking.
c. Menerima kertas Mailer yang berisi kode aktivasi.
d. Menandatangani lembar tanda terima kertas Mailer yang berisikan Kode Aktivasi.
2. Proses Download
Aplikasi BSM Mobile Banking dapat didownload melalui:
a. Untuk ponsel dengan OS BB, BB 10, Android, IOS
Blackberry App World, Google Play Store, App Store dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’
b. Untuk ponsel Blackberry dengan OS sebelum BB 10:
1) http://mobile.syariah mandiri.co.id , atau
2) Blackberry App World dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’.
c. Untuk ponsel Nokia, Sony Ericson atau ponsel dengan platform Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id
Pastikan aplikasi BSM Mobile Banking offered by / publisher / by PT Bank SyariahMandiri
3. Proses Aktivasi
Nasabah menginput no rekening, no HP dan kode aktivasi yang didapat dari cabang pada saat pendaftaran/registrasi.
Setelah proses aktivasi berhasil, Nasabah dapat masuk ke menu utama dan menikmati semua fitur BSM Mobile Banking.
PIN ATM Nasabah diperlukan dalam mengakses BSM Mobile Banking. PIN ATM Nasabah digunakan untuk mengesahkan transaksi
Fitur:
• Transfer antar rekening di BSM.
• Transfer real time kerekening di bank anggota ATM Bersama dan Prima.
• Transfer uang tunai (transfer kebukan pemegang rekening).
• Pembelian pulsa seluler dan token listrik.
• Pembayaran tagihan (telepon, listrik, dll), zakat, asuransi, tiket pesawat dan lainnya.
• Informasi kantor & lokasi ATM.
• Informasi produk dan promo.
• Informasi saldo, mutasi.
• Jadwal sholat dan kalimat inspiratif.
• Menu akses langsung Call BSM 14040.
• Menu favorit (penyimpan data transaksi transfer, pembayaran dan pembelian)
• Share aktivitaske social media.
• Notifikasi detil transaksi ke email yang didaftarkan
Registrasi:
1. Proses Pendaftaran / Registrasi
a. Nasabah datang ke Cabang terdekat.
b. Mengajukan permintaan fasilitas layanan BSM Mobile Banking dan mengisi data pada aplikasi BSM Mobile Banking.
c. Menerima kertas Mailer yang berisi kode aktivasi.
d. Menandatangani lembar tanda terima kertas Mailer yang berisikan Kode Aktivasi.
2. Proses Download
Aplikasi BSM Mobile Banking dapat didownload melalui:
a. Untuk ponsel dengan OS BB, BB 10, Android, IOS
Blackberry App World, Google Play Store, App Store dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’
b. Untuk ponsel Blackberry dengan OS sebelum BB 10:
1) http://mobile.syariah mandiri.co.id , atau
2) Blackberry App World dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’.
c. Untuk ponsel Nokia, Sony Ericson atau ponsel dengan platform Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id
Pastikan aplikasi BSM Mobile Banking offered by / publisher / by PT Bank SyariahMandiri
3. Proses Aktivasi
Nasabah menginput no rekening, no HP dan kode aktivasi yang didapat dari cabang pada saat pendaftaran/registrasi.
Setelah proses aktivasi berhasil, Nasabah dapat masuk ke menu utama dan menikmati semua fitur BSM Mobile Banking.
PIN ATM Nasabah diperlukan dalam mengakses BSM Mobile Banking. PIN ATM Nasabah digunakan untuk mengesahkan transaksi
Apabila terjadi 3 (tiga) kali kesalahan dalam memasukkan PIN di ATM dan atau di BSM Mobile Banking, maka BSM Card dan BSM Mobile Banking akan terblokir.
II.
AnalisisTugas
Mobile Banking
adalah layanan perbankan yang memanfaatkan fasilitas smartphone. Dewasa kini, pengguna smartphone merupakan mayoritas di Indonesia.
Dengan kemajuan teknologi dalam bidang smartphone,
aktifitas perbankan dimungkinkan bekerja hanya dengan menggunakan smartphone. Tugas dari mobile banking adalah mempermudah aktifitas perbankan nasabah.
Aktifitas perbankan nasabah yang dapat dilakukan layanan mobile banking
adalah aktifitas yang konvensional, yaitu :
1.
Aktifitas Non Finansial : Informasi rekening
(saldo, riwayat transaksi, pergantian pin, dll)
2.
Aktifitas Finansial : Transfer, pembayaran
(kartu kredit, pln, pam, pendidikan, dll), pembelian (tagihan selular, pulsa,
tiket, dll).
Dari
tugas yang dilaksanakan oleh mobile banking, maka diperoleh keuntungan diantaranya
:
a.
Nasabah bisa melakukan aktifitas perbankan tanpa perlu mengunjungi
ATM atau Bank.
b.
Pembayaran Tagihan, Kredit, Pendidikan, dan
lain-lain dapat dilakukan dimana saja.
c.
Mereduksi usaha dan biaya untuk melakukan aktifitas perbankan.
d.
Transaksi (Finansial dan Non-Finansial)
dapat dilakukan dimana saja.
Disamping keuntungan
yang diberikan, mobile banking juga memiliki kekurangan, diantaranya:
·
Kompati belitas smartphone terbatas.
· Bergantung pada konektifitas smarthphone baik berupa sinyal internet maupun sinyal komunikasi (telpon dan sms)
·
Terdapat bank-bank tertentu yang
tidak menyediakan layanan mobile banking.
III.
Interface
a. A. Mobile Banking BRI Syariah
Pada saat user menghidupkan aplikasi,
aplikasi akan memunculkan tampilan menu login, yaitu menu yang digunakan oleh user
untuk mengakses berbagai fitur yang ada
Setelah login, user akan disajikan tampilan menu utama
yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhannya. Menu
utama terdiri dari Informasi Rekening, Transfer, Pembayaran, Pengaturan, dan lainnya.
Di Dalam menu pembayaran terdiri dari pembayaran untuk
listrik, internet, telepon, tv berbayar dan lainnya. Dan pada pengaturan
aplikasi terdapat pengaturan konektivitas aplikasi tersebut.
Selain pengaturan,
terdapat juga Pengaturan/Ubah pin, Apabila user ingin mengganti pin lamanya. Dan
Extra Menu untuk konten khusus yang adapada BRI Syariah.
Syariah sendiri berasal dari agama Islam, dan BRI
Syariah menambahkan fitur Jadwal sholat dan Islamic Life Style untuk membantu user
terutama yang beragama Islam.
a. B. Mobile Banking Mandiri Syariah
Sama seperti aplikasi mobile banking
yang lain, pada saat user menghidupkan aplikasi, aplikasi akan memunculkan tampilan
menu login, yaitu menu yang digunakan oleh user untuk mengakses berbagai fitur yang
ada
Setelah login, user akan disajikan tampilan
menu utama yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhan ya. Sama seperti BRI Syariah.
tampilan pada
Mobile Banking mandiri Syariah berwarna Hijau dan emas yang menggambarkan keSyariahannya. Mobile Banking
ini dibuat semudah mungkin di mengerti oleh pengguna. Tidak terlalu rumit dan penuh dengan gambar,
namun memiliki warna dan gambar yang mencirikan Bank Syariah padaumumnya
I.
Design Tampilan
a.
Mobile Banking BRI Syariah
Pada saat aplikasi Mobile Banking diakses, maka
yang pertama user lakukan adalah login. Ketika user berhasil login, maka user
akan melihat tampilan menu pada aplikasi tersebut. Pada BRI Syariah yang
digunakan adalah warna biru dan hijau.
Warna hijau sendiri biasanya dilambangkan sebagai Syariah atau tampilan khusus untuk
bank-bank yang menggunakan syariah islam.
Warna biru sendiri melambangkan kesejahteraan
yang dapat membuat user tertarik dan tidak jenuh pada tampilan aplikasi ini.
Menggunakan background biru langit dengan pola-pola abstrak yang
menambahkan nilai estetikanya.
a.
Mobile Banking MandiriSyariah
Sama seperti bank syariah lainnya,
Pada saat aplikasi Mobile Banking diakses, maka yang pertama user lakukan adalah
login. Ketika user berhasil login, maka user akan melihat tampilan menu utama.
Bank Mandiri Syariah memiliki tampilan menu utama yang tidak jauh berbeda dengan bank
syariah lainnya. Bank syariah yang identik menggunakan warna hijau sebagai color palettenya. Background yang
digunakan bank Mandiri Syariah ini adalah warna emas yang
melambangkan kekayaan dan uang ,serta warna hijau sebagai button pada menu utamanya.
Pada menu bar yang
ada dibagian bawah, diberi icon yang menandakan menu yang berbeda ketika user
menekannya.
I.
Design Dialog
Command Language yang digunakan
pada mobileBRIS dan BSM Mobile cukup sedikit. Pengetikan diperlukan hanya untuk
proses-proses yang memerlukan data, seperti user ID, PIN, nominal transfer, dan
sebagainya. Selebihnya memerlukan sentuhan (Tap) pada ikon saja, tidak
memerlukan pengetikan. WIMP (Windows, Icon, Menu, dan Pointer), pada tampilan
windows atau jendela memakai seluruh luas dari layar, dengan border pada bagian
atas yang berfungsi untuk pemberi tahu menu dan sub menu yang sedang
dibuka. Ikon yang tidak terlalu besar dan mewakili setiap menu/submenu
memudahkan user dalam menggunakan aplikasi tersebut. Setiap ikon menggambarkan
setiap fungsinya, dan warna yang sama pada masing masing menu dan sub menu.
Disebelah ikon terdapat nama menu tersebut. Ukuran frame pada menu tersebut
tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk memudahkan pada saat
menyentuh/tap pada smartphone.
PadaBSM Mobile terdapat 2
pilihanbahasa yang dapatdigunakan, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun
bahasa yang muncul padasaatpertama kali menginstallaplikasiadalahBahasa Indonesia.
I.
PenangananKesalahan& Help-Dokumentasi
Pada BSM
Mobile Banking
Penanganan
kesalahan pada BSM Mobile dapat langsung
menghubungi Call Center yang tersedia pada menu utama, ketika user klik pada button Contact BSM maka secara
otomatis sistem akan menghubungkan user
pada Call Center dan ini dikenakan biaya pemanggilan / pulsa.
Pada BSM
Mobile dalam hal Help Dokumentasi terdapat 2 menu , yaitu Lokasi kantor cabang
& ATM, dan Info Produk. Pada lokasi kantor cabang&ATM selain
menampilkan alamat user juga bisa mengakses via Maps, sehingga dapat
memudahkan user untuk menemukan tempatnya jika tidak tahu alamat yang
tercantum.
Pada
Mobile BRIS
Pada Mobile BRIS tidak terdapat menu
untuk penanganan masalah. Yang ada hanya menu untuk menghubungi call center BRIS.
0 comments